-->

Microsoft Publisher: Pengertian, Fungsi Serta Kelebihan & Kekurangan

         Microsoft Office merupakan perangkat lunak yang sangat membantu mempermudah segala bentuk pekerjaan, hampir sebagian besar penggunaan dalam pengolahan data dan informasi dikelola menggunakan microsoft office, khususnya sebagian besar dikalangan bisnis maupun kalangan pendidikan yang sering menggunakan Word, Excel, PowerPoint dan Access, sebenarnya selain ke empat fasilitas tersebut, masih ada fasilitas lain yang memiliki fungsi yang sama pentingnya yang dimiliki microsoft office yakni Microsoft Publisher.
         Mendengar kata Microsoft publisher, bagi sebagian orang mungkin tidak asing. Namun sebagian besar orang awam yang tidak pernah menggunakan, mungkin agak sedikit bingung dan bertanya-tanya, Apa itu publisher? Apa Fungsi dari publisher? Apa kelebihan dan kelemahan dari publisher? Serta apa saja yang bisa dihasilkan dari microsoft publisher? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Semua akan dibahas dalam materi blog ini.


A. Pengertian Microsoft Publisher
         Program publisher adalah salah satu aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk kegiatan dekstop publishing, Seperti: Koran, Brosur, Majalah, Kartu Nama, Kartu Ucapan, Poster, Mading dan lain sebagainya.

B. Fungsi Microsoft Publisher
          Microsoft Publisher secara fungsi memiliki perbedaan yang agak jauh berbeda dengan fungsi microsoft office lainnya. Karena lebih banyak mengedapankan fungsi desain template yang sudah disediakan sehingga pengguna tinggal mengedit dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi ini sangat cocok untuk kebutuhan bisnis atau usaha dalam melakukan kegiatan promosi, diantaranya:
1. Membuat Majalah
2. Membuat Kalender
3. Membuat Mading
4. Membuat Kartu Ucapan
5. Membuat Brosur
6. Membuat Poster
7. Membuat Sertifikat
8. Membuat Kartu Nama
9. Membuat Undangan
10. Membuat Katalog
11. Membuat Koran
12. Membuat Benner
13. Membuat Karya dekstop publishing

C. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher
         Berbeda dengan fungsi microsoft office lainnya yang lebih mengedepankan fungsi desain, microsoft publisher juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:
1. Kelebihan Microsoft Publisher
Publisher memiliki banyak fungsi dan juga banyak kelebihan, diantaranya:
·         Membuat karya dekstop dengan mudah
·         Terdapat berbagai macam template
·         Tersedia berbagai macam efek edit gambar
·         Hasil desain dapat dicetak maupun disimpan ke berbagai format
·         Hasil desain dapat dikirim melalui email atau di convert menjadi HTML
·         Hasil desain dapat disimpan di online storage dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
2. Kekurangan Microsoft Publisher
       Ada kekurangan dari penggunaan microsoft publisher, namun tidak banyak.
o     Untuk mendapatkan Microsoft publisher versi asli tidak gratis. Ada banyak versi bajakan yang ada di internet namun tidak seperti microsoft publisher versi asli yang berbayar.
o     Bagi pengguna Photoshop & Corel Draw yang sudah terbiasa mungkin tidak begitu nyaman dengan adanya keterbatasan atau ketersediaan template pada software, karena mereka tidak bisa bebas mengkreasikan kemampuan dan keinginan.

         Microsoft publisher cukup menarik bukan? Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis atau usaha, anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk membayar jasa pembuatan iklan, tetapi anda cukup memanfaatkan fungsi microsoft publisher untuk mendesain iklan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan agar bisa menghemat biaya pengeluaran promosi.
         Bagi anda yang penasaran dan tertarik ingin mencoba bagaimana cara menggunakan microsoft publisher?  dan bagaimana cara mencetak hasil desain pada microsoft publisher? Pada penulisan blog selanjutnya akan dibahas bagaimana cara membuat atau mendesain brosur. Dimulai dari membuka microsoft publisher, langkah-langkah membuat desain, hingga mencetak hasil desain dan menyimpan desain.

2 Responses to "Microsoft Publisher: Pengertian, Fungsi Serta Kelebihan & Kekurangan"

  1. terima kasih sngat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  2. How to watch football in your mobile device - YouTube
    watching football in youtube to mp3 shark your browser. and watching football online with your browser. on football games on all devices. In other words, watch the game you have

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel