-->

Kelangkaan Dalam Kegiatan Usaha

Setiap menjalankan usaha, ada berbagai permasalahan yang harus dihadapi dan dipecahkan solusinya. Salah satunya permasalahan ekonomi yang harus segera dicarikan solusinya dalam kegiatan usaha yaitu mengatasi adanya kelangkaan.

Apa itu kelangkaan? Dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kelangkaan kegiatan usaha bisa terjadi? Semua akan dibahas dalam materi ini.

A. Pengertian Kelangkaan

Pengertian kelangkaan (Scarcity) dalam ilmu ekonomi ini diartikan sebagai bentuk kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas.

Timbulnya kelangkaan umumnya lantaran kebutuhan manusia yang terus bertambah. Akibatnya, sumber daya yang ada tidak lagi cukup untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Dalam keadaan seperti ini, manusia pada umumnya akan terdorong untuk melakukan pilihan di antara berbagai alternatif yang dianggap paling menguntungkan baginya.

Kelangkaan ini memang menjadi suatu hal yang harus dihadapi oleh setiap manusia. Sebab, kelangkaan hampir pasti bisa ditemukan di berbagai aspek kehidupan. Khususnya dalam perekonomian masyarakat, sebab sumber daya ekonomi seperti sumber daya produksi jika jumlahnya terbatas maka akan memyebabkan munculnya kelangkaan. Hal ini akan mengganggu proses produksi. Pada hal kegiatan produkski sangatlah penting untuk menghasilkan barang dan jasa. Bagi penjual, kelangkaan akan berdampak pada tidak adanya barang yang akan dijual sehingga membuat pendapatan menjadi berkurang drastis.

B. Faktor Penyebab Kelangkaan

Kelangkaan sumber ekonomi terjadi karena ada penyebabnya, berikut beberapa penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya ekonomi:

1. Keterbatasan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat memenuhi seluruh kebutuhan manusia, dan tidak semua dimiliki oleh negara-negara di dunia  sehingga akan berdampak pada kelangkaan sumber daya di negara tersebut. Kita bersyukur bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah yang mampu menyediakan kebutuhan manusia. Meski berlimpah, sumber daya alam ini ada yang merupakan sumber daya yang dapat diperbarui dan ada juga yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui inilah yang jumlahnya sangat terbatas sehingga penggunaannya harus benar –benar dikontrol.

2. Perbedaan Letak Geografis

Letak geografis yang berbeda –beda dapat menyebabkan persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Akibatnya, ada wilayah yang memiliki tanah subur dan kaya akan barang tambang, namun ada pula wilayah yang tandus dan minim sumber daya alam, bahkan kekurangan air bersih. Hal tersebut yang nantinya menimbulkan kelangkaan kegiatan usaha di wilayah tersebut.

3. Ketidakseimbangan Pertumbuhan Penduduk

Thomas Robert Malthus, seorang pakar demografi dan ekonomi politik dari Inggris, menyatakan bahwa laju pertambahan penduduk lebih cepat daripada laju pertumbuhan produksi. Masalahnya, laju pertambahan jumlah penduduk yang cepat ini pada kenyataannya tidak diikuti dengan hasil produksi.

4. Kelangkaan Tenaga Kerja

Kelangkaan Tenaga kerja yang berkualitas tinggi akan mempengaruhi pada proses produksi dan pencapaian keuntungan.

5. Rendahnya Kemampuan Produksi

Ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia bisa terpenuhi ketika terdapat orang atau badan yang melakukan produksi. Sebab, kemampuan produksi ini berpengaruh secara langsung terhadap ketersediaan barang dan jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan.

6. Perkembangan Teknologi yang Lambat

Teknologi juga menjadi faktor penentu dalam upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup. Namun, teknologi yang digunakan produsen dalam proses produksi ini sering tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Produsen membutuhkan waktu yang relatif panjang guna menerapkan teknologi produksi yang baru.

7. Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam juga menjadi salah satu faktor alam yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Adanya bencana alam secara langsung dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Akibatnya, kelangsungan hidup manusia pun ikut terpengaruh.

8. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan

Jika perekonomian di dunia mengalami kelesuhan, hal ini disebabkan adanya kelangkaan sumber daya kewirausahaan. Adapun penyebab dari kelangkaan ini terjadi adalah:

a. Pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan produksi sehingga dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya kewirausahaan.

b. Keterbatasan sumber daya alam yang akan diolah oleh wirausaha sehingga membuat produksi menjadi terbatas

c. Manusia memilik daya kemampuan terbatas



0 Response to "Kelangkaan Dalam Kegiatan Usaha"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel